Follow by Email

Sunday, July 31, 2016

Khasiat, Cara Penggunaan, dan Dosis Umbi Bawang Putih


Simplisia alii ativi bulbi (umbi bawang putih) dapat berupa umbi segar atau umbi yang telah dikeringkan. Berasal dari Allium sativum suku Liliaceae. Kandungan kimia dari Allium sativum L. yang memiliki aktivitas farmakologis dan bermanfaat dalam pengobatan adalah senyawa organosulfur, berikut beberapa diantaranya ;

  • Senyawa ACSOs, contohnya aliin dan gamma-glutamilsistein. Aliin merupakan asam amino yang mengandung sulfur, menyebabkan bau dn rasa yang khas pada bawang putih.
  • Senyawa sulfur volatil seperti alisin  ( berasal dari aliin oleh enzim aliinase ), bersifat mudah menguap, tidak stabil oleh panas, oksigen, udara dan lingkungan basa.
  • Senyawa sulfur yang larut lemak seperti diadil sulfida ( DAS ), dan diadil disulfida ( DADS ).
  • Senyawa sulfur larut air non volatil (tidak mudah menguap) seperti S-alil sistein (SAC)
Perbedaan sifat kandungan (ada yang volatil, larut air, larut minyak) sangat mempengaruhi cara penggunaan sebagai obat agar didapat hasil yang optimum bagi pengguna.

Farmakologi
Memiliki sifat sebagai antioksidan, menurunkan kadar gula darah, antimikroba, hepatoprotektor terhadap parasetamol, antihiperlipidemia, fibrinolitik dan menurunkan tekanan darah, mencegah aterosklerosis. Berikut penjelasannya ;
  • Antioksidan ;  DAS, DADS, diadil trisulfida, menghambat oksidsi LDL sehingga bisa mencegah aterosklerosis ( mencegah pembuntuan pembuluh darah)
  • Antihiperlipidemia : Alisin dapat menurunkan kadar kolesterol,trigliserida, dan LDL.
  • Senyawa aktif keompok Ajoene memiliki efek menurunkan tekanan darah melalui mekanisme vasodilatasi (pelebaran) pembuluh darah.
  • Menghambat agregasi platelet melalui banyak meknisme
  • Antidiabetes dengn mekanisme meningkatkan sekresi insulin pada pankreas dengan gugus sulfihidril.
  • Antimikroba : Alisin dan hasil uraiannya akan mengikat asam amino dan protein membran pada sel mikroba sehingga bakteri mengalami gangguan metabolisme dan mati.
Keamanan
Yang perlu hati-hati jika akan mengkonsumsi bawang putih ;
Ubi bawang putih tidak boleh dikonsumsi oleh pasien tang sensitif terhadap bawang putih. Jika digunakan sebagai bumbu masakan maka penggunaannya relatif aman. Namun, perlu perhatian kemungkinan terjadi pendarahan pasca operasi akibat konsumsi bawang putih yang berlebihan.

Interaksi dengan Obat
Bawang putih dilaporkan memiliki aktivitas anti pembekuan darah, sehingga perlu dihindarkan pada pasien yang mengkonsumsi obat antipembekuan darah karena dikhawatirkan adanya efek adisi dan rawan terjadi pendarahan.

Dosis Untuk Sehari 
Untuk bawang putih segar 2-5 gram, serbuk bawang putih 0,4-1,2 gram, minyak bawang putih 2- mg, ekstrak kering 300-1000 mg. 
Atau setara dengan 4-15 mg aliin atau 2-5 mg alisin.
( agar optimum dibagi menjadi 3 x konsumsi)
Penggunaan dianjurkan bersama makanan untuk mencegah rasa tidak enak pada saluran pencernaan

Pustaka
Mun'im Abdul dan Hanani Endang. 2011. Fitoterapi Dasar. Dian Rakyat. Depok 
( Dirangkum dari berbagai jurnal penelitian)

By : Muhammad Huda S.Farm
Last edited : 8/1/2016

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE