Follow by Email

Friday, July 29, 2016

Ilmu Pengobatan Herbal

Penggunaan bahan alam sebagai obat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan menyembuhkan penyakit telah dilakukan oleh manusia sejak dahulu kala dan terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dalam bidang farmasi dan kedokteran. Setidaknya ada beberapa ilmu yang mendasari seseorang untuk mampu melakukan pengobatan herbal secara aman dan rasional, ilmu-ilmu tersebut yaitu ; botani farmasi, fitokimia, fitofarmasi, fitofarmakologi, dan fitoterapi. Berikut adalah penjelasannya;

Botani farmasi : Mempelajari sifat-sifat unik dan khusus setiap tanaman obat meliputi taksonomi dan morfologi tanamannya, simplisia serta serbuk. Ilmu ini berfungsi untuk mengidentifiksi setiap bahan yang dapat digunakan sebagai obat melalui ciri-ciri fisik (organoleptis) dan posisinya dalam taksonomi.

Fitokomia : Mempelajari senyawa-senyawa kimia yang terdapat dalam tumbuhan, terutama senyawa metabolit sekunder yang tujuannya untuk mengidentifikasi komponen kimia umum maupun khusus, mendeskripsikan senyawa yang mungkin memiliki efek farmakologis (berkhasiat). Fitokimia juga menelaah/menentukan apakah senyawa aktif dapat diisolasi dan di sintesis.

Fitofarmasi : Berhubungan dengan bentuk sediaan obat dari alam, meliputi bahan awal baik dalam bentuk teh, maupun dalam bentuk sediaan farmasetik (tincture, pil, infusa, dekokta, dll). Selain itu ilmu ini juga membahas bagaimana memformulasi bahan alam menjadi obat yang aman, berkhasiat, serta berkualitas.

Fitofarmakologi : Mempelajari mekanisme suatu senyawa dari bahan alam dapat memberikan khasiat (farmakologi), bagaimana perlakuan tubuh terhadap senyawa tersebut (farmakokinetik), dan bagaimana perubahan fisiologis tubuh akibat senyawa tersebut (farmakodinamik).

Fitoterapi : Ilmu praktis untuk mengaplikasikan botani farmasi, fitokimia, fitofarmasi, dan fitofarmakologi dalam terapi kepada pasien. Minimal membahas keamanan, cara peracikan, dosis, dan cara pakai.

By : Muhammad Huda S.Farm
Last Edited : 7/29/2016


No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE