Follow by Email

Friday, July 29, 2016

Jenis-Jenis Obat Herbal Sederhana

Dalam ilmu farmasi dikenal yang namanya sediaan galenika, yaitu sediaan obat sederhana yang dibuat dari bahan alam untuk mengambil sifat farmakologis dari suatu simplisia bahan alam. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut ;

Teh (species)
Sediaan teh herbal dapat mengandung satu atau lebih simplisia ditujukan untuk penggunaan oral (diminum). Pembuatandilakukan sesaat sebelum diminum, biasanya dikemas dalam bentuk rajangan atau sachet.

Dekok (decoctum)
Merupakan sediaan oral (diminum) yag dibuat dengan cara mengekstraksi simplisia dengan air bersih pada suhu 90 Celsius selama 30 menit dihitung saat suhu 90 Celsius dicapai. Prosedur pembuatan ;
  • Bersihkan simplisia
  • Haluskan / rajang simplisia pada ukuran kehalusan yang telah ditentukan.
  • Simplisia yang telah dirajang/ dihaluskan dimasukan kedalam panci stainless yang telaah diisi air sejumlah yang telah ditentukan.
  • Kemudian dipanaskan menggunakan penangas air agar suhu tidak lebih dari 90 Celsius, selama 30 menit dihitung mulai saat suhu 90 C dicapai.
  • Saring menggunakan kain flanel selagi panas, tambahkan air panas secukupnya melalui ampas hingga diperoleh volume yang dikehendaki.
  • Jika tidak dinyatakan lain atau tidak mengandung senyawa berkhasiat keras, maka untuk 100 bagian dekok harus digunakan 10 bagian simplisia.
Infusa (infusum)
Prosedur pembuatan sama dengan dekok, hanya saja pemanasan dilakukan selama 15 menit pada suhu 90 C.  Cara ini digunakan untuk pembuatan sediaan herbal dari simplisia lunak seperti daun dan bunga.

Jus (Succus)
Adalah sediaan herbal yang dibuat dengan cara maserasi (perendaman ) atau melalui pengepressan simplisia segar. Untuk memperpajang waktu simpan/ waktu expired, dapat dibuat dengan proses pasteurisasi atau dengan teknologi Ultra High Temperatur (UHT). Sediaan jus dibuat untuk tanaman yang tidak memiliki kandungan senyawa yang poten.

Sirup (sirupus)
Sirup dikenal pada pengobatan arab yang bernama sirab atau scharab yang berarti jus bergula. Sirup adalah sediaan cair agak kental mengandung 60-65% gula. Kandungan gula pekat ini dapat menghambat pertumbuhan mikroba, sehingga dapat memperpanjang waktu simpannya. Umumnya digunakan untuk anak, dan dihindarkan pada penderita diabetes

Tingtur (tinctura)
Tingtur merupakan sediaan cair yang dibuat dengan mengekstraksi simplisia menggunakan alkohol atau hidroalkohol dengan cara maserasi ataupun perkolasi menurut monografi. Kecuali dinyatakan lain, tingtura dibuat dengan jumlaah simplisia 20% untuk bahan berkhasiat dan 10% untuk bahan berkhasiat keras.

Ekstrak ( extractum)
Ekstrak adalah sediaan padat, kentaal, atau cair yang dibuat dengan mengekstraksi simplisia bisa menggunakan air, alkohol, atau hidroalkohol dengan metode ekstraksi dan pelarut yang sesuai dengan monografi masing-masing.

By : Muhammad Huda S.Farm
Last edited : 7/29/2016

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE