Follow by Email

Monday, September 19, 2016

Calamus Oil Untuk Mengobati Jerawat


Calamus oil merupakan minyak atsiri yang didapat dari hasil destilasi akar tanaman Acorus calamus Linn., di arab Calamus Oil dikenal sebagai minyak dzarirah yang dalam kitab Tibbun Nabawi karya Ibnul Qayyim Al Jauziah disebutkan sebagai obat jerawat yang ampuh.

Ibnu As-Sunni menyebutkan dalam kitabnya riwayat dari salah seorang istri Nabi menceritakan, “ Rasulullah pernah menemuiku, saat itu dijariku tumbuh semacam jerawat. Beliau bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah ?” Aku menjawab, “ Punya.” Beliau berkata, “Bubuhkan di jerawatmu itu, lalu ucapkan doa :
“Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawat yang ada pada hamba.” Diriwayatkan oleh Al-Hakim, sanadnya shahih.

Di Indonesia sendiri tanaman Acorus calamus dikenal sebagai tanaman jerangau, minyaknya disebut sebagai minyak jerangau. Selain sebagai obat jerawat, di India Calamus oil secara empiris/tradisional digunakan untuk memperbaiki ingatan, serta untuk mengobati gangguan pencernaan.

Aktifitas Farmakologis
Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, Calamus Oil memiliki aktifitas farmakologi sebagai berikut ;
  • β-asarone pada Calamus Oil memiliki aktifitas antibakteri (Rost and Bos, 1979), aktifitas ini erat kaitannya dalam penggunaannya dalam terapi jerawat.
  • α-Asarone dan β-asarone meunjukkan banyak aktifitas farmakodinamik sebagai obat anti cemas ( Dandiya and Menon, 1964). Penggunaannya pada malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Selain itu Calamus juga memiliki aktifitas sebagai insektisida, antelmintik (obat cacing), dan antikonvulsan atau obat mual (Pattanaik et al., 2013)

Keamanan 
Secara umum Calamus Oil sangat aman digunakan dalam terapi jerawat (dioles pada jerawat), hanya saja kita tetap perlu berhati-hati dari efek yang tidak diinginkan. Berikut adalah data keamanan Calamus oil diambil dari Material Safety Data Sheet (MSDS) ; Calamus oil dapat mengiritasi kulit dan mata, jika terkena mata bilas dengan air selama 15 menit, jika tumpah di kulit cuci menggunakan air dan sabun, jika tertelan berkumurlah dan periksakan ke dokter. 

Cara Penggunaan
Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dioles tipis pada kulit yang berjerawat sebelum tidur malam hari. Selain sebagai obat jerawat, aroma dari Calamus oil dapat menenagkan pikiran dan memperbaiki kualitas tidur.

Penyimpanan
Simpan di tempat sejuk, kering, dan terventilasi dengan baik dalm keadaan wadah tertutup rapat.

Daftar Pustaka
  • Dandiya PC, Menon MK. 1964. Actions of asarone on behaviour, stress and hyperpyrexia, and its interaction with central stimulants. J Pharmacol Exp Ther ; 145: 42– 46
  • Rost, L.C.M. and Bos, R.1979.  Biosystematic investigations with Acorus calamus L. Communication. Constituents of essential oils, Planta Med ; 27: 350-361.)
  • Pattanaik Dr. Jina, Kumar Yogesh, Khatri Ravi Shankar. 2013. Acorus calamus Linn.: A herbal tonic for central nervous system. Journal of Scientific and Innovative Research ; 2 (5): 950-954

By : Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last edited : 9/19/2016

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE