Follow by Email

Friday, September 16, 2016

Asam Retinoat Bukan Kosmetik

Kosmetik adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampilan, melindungi supaya tetap dalam keaadaan baik, dan memperbaiki bau badan. Berbeda dengan obat yang ditujukan untuk mengobati suatu penyakit atau merubah kondisi fisiologis tubuh, kosmetik cenderung lebih aman dan minimal dalam menggunakan senyawa-senyawa berbahaya. Kosmetik haruslah bermanfaat sebagai kosmetik, bukan sebagai pengobatan atau terapi yang merupakan klaim dari obat.

Asam retinoat merupakan salah satu bahan obat yang sering disalahgunakan sebagai kosmetik. Hal ini berbahaya karena pada umumnya kosmetik digunakan secara rutin dan cenderung sesuka hati tanpa ada aturan dosis. Asam retinoat atau dikenal juga dengan tretinoin adaah retinoid aktif turunan dri vitamin A yang digunaan dalam terapi jerawat.

Asam retinoat memiliki khasiat obat untuk memperbaiki kerusakan struktur kulit akibat UV (ASHP, 2010), mengurangi timbulnya jerawat (Briggs et al., 2005), dan mendesak komedo untuk keluar (AHSP, 2010). Oleh karenanya sering disalah gunakan oleh masyarakat dengan memakainya secara bebas sebagai kosmetik. Padahal asam retinoat memiliki efek samping dan perhatian khusus dalam penggunaan, oleh karenanya termasuk dalam kategori obat keras yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Berikut adalah beberapa bahaya dari penggunaan asam retinoat ;
Potensi sebagai iritan
Pada kulit normal, asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa agak panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit.
Dapat bersifat karsinogen (pemicu kanker)
Penggunaan asam retinoat pada mencit albino dan mencit berpigmen terbukti dapat meningkatkan potensi karsinogen akibat radiasi sinar UV-B dan UV-A (AHSP, 2010)
Teratogenik ( mengakibatkan kecacatan bayi)
Adanya asam retinoat dalam darah pada kehamilan telah dinyatakan berpotensi teratogen. Tidak terkecuali untuk penggunaan asam retinoat topikal di kulit yang dapat memungkinkan resiko terserapnya asam retinoat ke dalam tubuh. Karena besarnya resiko tersebut, asam retinoat dikontraindikasikan selama kehamilan dan selama merencanakan kehamilan. (BPOM 2008)

Mengingat bahaya penggunaan asam retinoat Badan POM telah mengeluarkan peraturan yang menyatakan bahwa asam retinoat merupakan salah satu bahan dari 1243 bahan yang dilarang ditambahkan ke dalam kosmetik.

Daftar Pustaka
American Society of Health-System Pharmacy. 2010. AHFS Drug Information. ASHP Inc. USA 
Badan POM. 2008. Informatorium Obat Nasional Indonesia. CV. Sagung Seto. Jakarta 
Briggs, Gg, et all. 2005. Drug in Pregnancy and Lactation, seventh edition. Lippincott William& Wilkins. California.
Thiboutot, DM, et all, 2008. Neutrophil gelatinase-associated lipocalin mediates 13-cis retinoic acid-induced apoptosis of human sebaceous gland cells. Abstract J. of Clinical Investigation. http://www.fred.psu.edu/ds/retrieve/fred/publication/18317594

By : Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last edited : 9/18/2016

1 comment:

  1. Paling Terpercaya SOULSKIN COSMETICS INDONESIA " DISTRIBUTOR ( @NATA_SOULSKININDO - INSTAGRAM )

    Distributor Soul Skin Cosmetics di Indonesia.
    Semua Stok Lengkap :)

    Segera Hub :
    Line id: @nataa (use @)
    BBM : 5396B8E9

    ReplyDelete

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE