Follow by Email

Saturday, September 17, 2016

Obat yang tidak boleh diminum bersama susu

Obat biasa digunakan oleh manusia untuk mencegah penyakit, mengobati penyakit, mengurangi gejala atau bahkan meningkatkan kesehatan. Berbeda dengan produk lain, obat memiliki sifat-sifat tertentu sehingga dalam penggunaannya memerlukan perhatian khusus. Agar obat dapat memberikaan manfaat yang maksimal maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perihal interaksi obat dengan makanan. Ada beberapa jenis obat yang sebaiknya diminum bersama makanan tertentu dan ada juga obat yang tidak boleh diminum bersama obat tertentu. Diantara minuman sekaligus makanan yang memiliki interaksi dengan obat adalah susu. 

Susu memiliki kandungan kalsium yang akan bereaksi dengan antibiotik tetrasiklin, ciprofloxacin, dan levofloxacin membentuk senyawa khelat  sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh. Kadar obat dalam darah yang tidak terpenuhi dari penggunaan antibiotik bisa mengakibatkan beberapa kerugian bagi pasien dan bahkan bisa berbahaya bagi pasien jika penyakit harus segera diobati. Kerugian yang didapat oleh pasien yaitu ; meningkatkan resiko terjadinya bakteri kebal obat atau resitensi, efek terapi yang dikehendaki tidak terpenuhi, bahkan bisa mengakibatkan penyakit semakin parah karena efek terapi tidak terpenuhi.

Selain antibiotik diatas, kalsium pada susu juga dapat berinteraksi dengan ion hidroksida dari antasida (obat maag) berbahan Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida membentuk Kalsium Hidroksida, padahal ion hidroksida ini digunakan untuk menetralkan ion hidrogen pada asam lambung. Hal ini akan mengurangi efektifitas dari antasida tersebut.
Jadi ketika anda mendapatkan terapi antibiotik tetrasiklin, ciprofloxacin, levofloxacin, dan antasida berbahan hidroksida, obat-obat ini jangan diminum bersama dengan susu. Jika memang ingin minum susu maka boleh-boleh saja asalkan diberi selisih waktu 2 jam (waktu pengosongan lambung) agar tidak terjadi reaksi antara obat dengan susu. 
Semoga bermanfaat 

By : Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last edited : 9/18/2016

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE