Follow by Email

Sunday, October 2, 2016

Berbagai Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Teh secara luas dikonsumsi oleh masyarakat dunia dengan berbagai alasan, salah satunya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari teh. Kita mengenal ada istilah teh hitam dan teh hijau, perbedaannya adalah the hitam dihasilkan dari daun the yang dikeringkan setelah proses fermentasi, sedangkan teh hijau dikeringkan tanpa melewati proses fermentasi. 

Dalam jurnal yang ditulis Guang-jian du dkk tahun 2012, teh hijau memiliki potensi sebagai pelindung kardiovaskuler, antimutagenik, antivirus, dan antikanker. Khasiat teh sebagai pencegah kanker erat kaitannya dengan aktifitas antioksidan senyawa asam fenolat dan flavonoid dalam teh. Asam fenolat dalam teh contohnya seperti; asam cafeat dan asam galat, sedangkan flavonoid dalam the yaitu ; Catechin gallate (CG), Epicatechin gallate (ECG), Gallocatechin gallate (GCG), dan Epigallocatechin gallate (EGCG). Penelitian yang dilakukan oleh Guang-Jian du dkk tahun 2012 menunjukkan bahwa EGCG merupakan komponen bersifat  antioksidan paling kuat dalam teh. 

Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat mencegah penyakit kardiovaskuler, kanker, dan infeksi virus. Efek samping yang mungkin terjadi adalah efek diuretik kafein teh sehingga akan sering buang air kecil. Oleh karenanya lebih baik meminum teh hijau pagi hari daripada harus mengganggu kualitas tidur malam karena sering buang air kecil. 

Daftar Pustaka
Guang-Jian Du , Zhiyu Zhang , Xiao-Dong Wen , Chunhao Yu , Tyler Calway , Chun-Su Yuan dan Chong-Zhi Wang. 2012. Epigallocatechin Gallate (EGCG) Is the Most Effective Cancer Chemopreventive Polyphenol in Green Tea. Nutrients. Chicago, USA

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE