Follow by Email

Monday, October 3, 2016

Minum Obat Berikut Bersama Jus Jeruk Bisa Berbahaya


Jangan minum obat ini bersama dengan Jus Jeruk | Jus jeruk dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh, sehingga apabila diminum bersamaan dengan obat dapat merubah metabolisme obat dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan ada obat yang  aktifitasnya turun atau ada juga obat yang aktifitasnya justru naik (resiko efek samping juga naik). Berikut adalah obat-obatan yang memiliki interaksi dengan jus jeruk sehingga konsumsi secara bersamaan perlu dihindari ; 

Obat-obatan Penurun Kolesterol
Obat kolesterol golongan statin, contohnya simvastatin, atorvastatin, lovastatin akan dihambat metabolismenya jika digunakan bersama dengan jus jeruk, hal ini mengakibatkan peningkatan kadar obat dalam darah dan efek sampingnya. Gejala yang mungkin muncul adalah rasa kram dan linu otot akibat rabdomiolisis (peluruhan sel otot ke peredaran darah), efek ini bisa sangat berbahaya. Selain itu juga meningkatkan resiko gangguan hati.

Obat Untuk Hipertiroid
Obat ini digunakan untuk mengkontrol kadar hormone tiroid dalam tubuh, penggunaannya bersamaan dengan jus jeruk dapat meningkatkan resiko efek samping obat ini, yaitu ; ruam kulit, bintil-bintil merah, dan gangguan hati.

Obat Disfungsi Ereksi
Obat sildenafil dan turunannya bisa sangat berbahaya jikaa diminum bersama dengan jus jeruk. Efek yang bisa muncul adalah hipotensi hebat (penurunan tekanan darah drastis), dan berpengaruh juga terhadap jantung. Contoh produk obat dengan kandungan sildenafil atau turunannya yaitu ; Viagra dan Levitra.

Obat Hipertensi
Meminum jus jeruk bersamaan dengan obat antihipertensi golongan Calsium Chanel Blocker (CCB) seperti amlodipine, nifedipin, nicardipin, dan obat lain pada golongan CCB dapat menurunkan efektifitas obat ini. Sehingga efek terapi yang diharapkan tidak dapat terpenuhi. 
Tidak hanya jus jeruk, setiap buah yang tinggi vitamin C nya harap diberi waktu jeda 2 jam antara minum obat dengan konsumsi buah ini jika hendak minum obat.

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE