Follow by Email

Sunday, November 20, 2016

Obat Antasida / Pengikat Asam

Obat-obatan Antasida merupakan obat pengikat asam ( anti= lawan, acida : asam) yang bekerja dengan menetralkan asam lambung yang berlebihan. Komposisinya terdiri dari salah satu atau beberapa senyawa berikut ( Magnesium Hidroksida, Aluminium Hidroksida, Kalsium karbonat, Natrium karbonat, Bismuth subsitrat).
Penggunaan Antasida
Selain untuk tukak lambung/usus juga digunakan untuk mengatasi rasa terbakar “hearth burn” pada gastritis, dan gastro oesophageal reflux. Waktu yang dibutuhkan untuk obat bekerja sangat cepat yaitu dalam beberapa menit, khasiatnya bekerja selama 20-60 menit jika diminum pada perut kosong, dan sampai 3 jam bila diminum 1 jam setelah makan.
Kehamilan dan Laktasi
Wanita hamil seringkali dihinggapi gangguan rasa terbakar atau “ hearth burn”. Antasida dengan kandungan Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida aman digunakan oleh ibu hamil karena obat tidak masuk kedalam peredaran darah, termasuk kandungan simetikon . Contohnya Milanta, ProMag.
Interaksi dengan Obat Lain
  • Antasida-antipertensi Kaptopril. Antasida dapat mengikat kaptopril sehingga penyerapannya berkurang sampai dengan 45% yang mengakibatkan berkurangnya efek penurunan tekanan darah dari kaptopril. Minumlah kaptopril 1 jam sebelum makan dan antasida 1 jam setelah makan.
  • Antasida-antihipertensi Nifedipin. Antasida dapat mempermudah penyerapan nifedipin, akibatnya efeknya akan bertambah dan timbul efek sampingnya. Minumlah antasida 1 jam sebelum makan dan nifedipin 1 jam setelah makan.
  • Antasida-antibiotika. Antasida dapat mengurangi penyerapan antibiotika seperti ampisilin, amoksisilin, siprifloksasin, isinoazid, rifampisin nitrofurantoin, ofloksasin, dan tetrasiklin. Minumlah antibiotika 1 jam sebelum makan dan antasida 1 jam setelah makan
Pustaka
Tjay, Tan Hoan. 2015. Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan dan Efek-efek Sampingnya. Gramedia. Jakarta

By : Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last edited : 11/20/2016

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE