Follow by Email

Thursday, March 30, 2017

5 Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Pada Penggunaan Insulin Injeksi

Insulin injeksi digunakan oleh pasien diabetes mellitus tipe I untuk mengkontrol kadar glukosa darah, karena sel pankreas sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin. Meskipun cenderung aman jika digunakan dengn benar, masih ada beberapa potensi efek samping yang mungkin saja muncul. Berikut adalah 5 potensi efek samping insulin beserta cara untuk mengatasinya ;


Hipoglikemi
Hipoglikemi adalah keadaan dimana kadar gula darah berada dibawah normal, gejalanya yaitu gemetar, berkeringat dingin, jantung berdebar, lemas, merasa lapar, bahkan bisa menimbulkan pingsan. Penyebab terjadinya hipoglikemi oleh insulin diantaranya adalah tidak/terlambat makan, insulin digunakan 1/2 jam sebelum makan tapi karena sedang aktifitas lalu menunda atau bahkan lupa makan sehingga terjadilah hipoglikemi. Bisa juga terjadi karena salah mengatur dosis hingga terjadi overdosis. 
Untuk mencegah timbulnya hipoglikemi akibat lupa makan, manfaatkan alarm atau pengingat di HP sedangkan untuk menghindari overdosis cek lagi skala alat injeksi sebelum digunakan. Siap sedialah dengan tablet glukosa jika suatu saat timbul gejala hipoglikemi untuk menghindari akibat yang lebih berbahaya.

Reaksi Alergi
Meski jarang terjadi, injeksi insulin memungkinkan terjadinya alergi lokal di kulit tempat injeksi. Gejalanya yaitu gatal, eksantema, dan pengerasan di tempat injeksi. Penyebabnya adalah iritasi kulit, teknik injeksi yang kurang tepat, atau infeksi kuman. Untuk menghindari reaksi alergi sebaiknya pergunakan disinfektan pada lokasi injeksi pada kulit dan pergunakan teknik injeksi yang benar

Resistensi Insulin
Maksudnya adalah penggunaan insulin yang semakin banyak untuk menghasilkan efek yang sama. Hal ini bisa diakibatkan karena terbentuk antibodi yang mengikat insulin. Sebab paling sering adalah karena overweight / BB berlebihan sehingga reseptor insulin pada sel kurang sensitif (tertutup lemak). Disarankan bagi penderita diabetes mellitus untuk menjaaga BB seideal mungkin.

Gangguan Akomodasi Mata
Dapat terjadi akibat terlalu cepatnya penurunan kadar glukosa darah sehingga menimbulkan gangguan osmotik antara lensa dan cairan mata. Efek sementara dan tidak terlalu membahayakan.

Daftar Pustaka
Tjay, Tan Hoan. 2015. Obat-Obat Penting, Khasiat, Penggunaan dan Efek-efek Sampingnya. Gramedia. Jakarta

By : Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last edited : 30/01/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE