Follow by Email

Tuesday, March 28, 2017

Chitosan Dapat Digunakan Sebagai Pengawet Makanan yang Aman

Penggunaan formalin sebagai pengawet sangat terlarang karena memiliki resiko yang besar bagi kesehatan konsumen. Pda orang dewasa misalnya , konsumsi formalin yang terus menerus dapat menimbulkan kanker, gangguan syaraf, penyakit ginjal, gangguan saluran pernafasan, dan ketidaksuburan pada perempuan.
Terdapat bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengawet yang bersifat lebih aman yaitu chitosan. Meski tidak memiliki aktifitas sekuat formalin, penggunaan chitosan dapat mengawetkan ikan selama satu - dua minggu serta mengurangi 70% penggunaan es. Harga chitosanpun lebih murah dibandingkan formalin sehingga tidak ada masalah jika digunakan meskipun tidak sepraktis formalin. Chitosan dapat juga digunakan untuk mengawetkan buah-buahan dengan cara mencelupkannya ke dalam larutan chitosan tersebut. Larutan chitosan ini pun dapat digunakan berkali-kali.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengawet makanan, Chitosan juga baik dikonsumsi orang yang memiliki masalah dengan lemak, penderita hipertensi dan diabetes mellitus. Jadi berbeda dengan formain yang menyebabkan penyakit, chitosan justru memberi manfaat bagi penderita penyakit tersebut.

By Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last Edited 28/03/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE