Follow by Email

Tuesday, March 28, 2017

Formula Jamu / Herbal Teruji Klinik untuk Penderita Osteoartritis Akibat Asam Urat oleh LITBANGKES Kemenkes

Nyeri pinggul dapat disebabkan oleh osteoartritis
Osteoartritis merupakan penyakit sendi yang terjadi akibat pengapuran atau pembentukan kristal tajam asam urat. Gejala yang nampak pada osteoartritis adalah rasa nyeri pada sendi sehingga menyebabkan kesulitan untuk bergerak. Pengkristalan kristal asam urat terbentuk pada sendi-sendi penyangga berat badan seperti lutut dan pinggul, umumnya terjadi pada usia diatas 50 tahun bagi mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah.

Penelitian formula jamu osteoartritis oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan
Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan telah melakukan penelitian untuk mengembangkan sebuah formula jamu yang efektif untuk mengatasi penyakit osteoartritis. Penelitian ini telah dilakukan uji pre klinik pada hewan untuk optimasi formula kemudiaan dosisnya di extrapolasi untuk uji klinik pada manusia.

Subjek penelitian adalah 29 penderita osteoartritis sendi lutut yang berobat rawat jalan di Klinik Saintiļ¬ kasi Jamu Hortus Medicus, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Tawangmangu, Jawa Tengah. Keluhan utama sebagai pendorong subjek adalah sejumlah 12 orang (42%) subjek datang dengan keluhan utama nyeri sendi, terdapat delapan orang (28%) yang datang dengan keluhan utama bengkak di sendi, keluhan kesulitan bergerak dialami oleh enam orang (21%), dan kesemutan dikeluhkan oleh empat orang (14%). Penilaian terhadap keluhan
ini dilakukan setiap minggu pada saat subjek kontrol sekaligus diberikan jamu osteoartritis. Setelah pemberian jamu sampai dengan dua bulan, perbaikan klinis yang dirasakan pasien—nyeri sendi yang dirasakan semua subjek (29 orang) sebelum mendapatkan terapi jamu— berkurang menjadi hanya empat orang yang masih  merasakan nyeri sendi. Dari 24 kejadian kesulitan bergerak sebelum pemberian jamu, tersisa empat orang yang merasakan gejala yang sama. Bengkak atau kemerahan sendi berkurang 75%, yaitu dari 20 orang tersisa lima orang. Pada akhir bulan kedua gejala kesemutan juga berkurang menjadi empat orang.


Kesimpulan penelitian adalah formula jamu untuk osteoartritis ini terbukti efektif untuk mengurangi gejala klinis osteoartritis dan terbukti tidak memengaruhi fungsi hati dan ginjal pada pemakaian 2 bulan berturut-turut.


Berikut adalah formula jamu osteoartritis hasil penelitian tersebut ;
  • Rimpang temulawak 15 gram, 
  • Herba meniran 7gram, 
  • Rimpang kunyit 15 gram, 
  • Biji adas 3 gram,
  • Daun kumis kucing 5 gram, 
  • Herba rumput bolong 5 gram.
Ket : herba ( bagian tanaman yang berda diatas tanah), rimpang (bagian tanaman yang berada dibawah tanah)
Ramuan jamu dibuat dengan cara direbus atau diseduh untuk diminum. Minimal digunakan selama 2 bulan rutin untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Daftar Pustaka ;
Ardiyanto Danang dan Ismoyo Sunu Pamadyo T. , 2013., STUDI KLINIS FORMULA JAMU UNTUK OSTEOARTRITIS SENDI LUTUT. Karanganyar .Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional.

By Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last Edited 28/03/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE