Follow by Email

Monday, March 27, 2017

Cara Penggunaan dan Dosis Buah Pare untuk Anti Diabetes Oral

Buah pare memiliki khasiat hipoglikemi atau menurukan kadar gula darah dengan berbagai mekanisme. Pada buah pare ditemukan senyawa yang bekerja dan struktur mirip insulin. Hasil penelitian lainnya menunjukan khasiat hipoglikemi terjadi melalui mekanisme penghambatan pembentukan glukosa darah di hepar dan peningkatan pembentukan glikogen. Peningkatan ekskresi insulin pernah dilaporkan pada pemberian buah pare, namun hasil tersebut tidak dapat dikonfirmasi pada penelitian berikutnya.

 Pemberian ekstrak air buah pare (50 mg) pada penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan glukosa darah secara signifikan. Sedangkan pemberian buah pare yang sudah digoreng hanya menurunkan sedikit gukosa darah. Pemberian bubur buah pare pada 100 penderita diabetes tipe 2 memberikan efek penurunan glukosa darah pada 86 kasus.

Keamanan Buah Pare
  • Pemberian ekstrak air buah pare tidak menimbulkan tanda-tanda toksisitas pada ginjal dan hati
  • Efek abortus (aborsi) dan teratogenik (menimbulkan kecacatan pada janin )telah dilaporkan. Sehingga harus hati-hati atau sebaiknya dihindari oleh wanita hamil.
  • Nilai LD 50 Jus buah pare 91,9 mg / 100 gram BB, nilai LD 50 ekstrak alkoholik buah pare 362,34 mg/100 gram BB, jadi sangat aman digunkan.
  • Penggunaan bersama obat antidiabetik oral lainnya ( terutam glibenklamid) dapat meningkatkan resiko hipoglikemi ( gula dara drop ) sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Dosis Untuk Anti Diabetes ;
Jus pada dosis 100 ml (dibuat setara buah pare kering 5 gram) dapat memberikan efek terbaik pada glukosa darah dan HbA1c.

Pustaka
Mun'im Abdul dan Hanani Endang. 2011. Fitoterapi Dasar. Dian Rakyat. Depok 
( Dirangkum dari berbagai jurnal penelitian)

By Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last Edited 28/03/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE