Follow by Email

Wednesday, March 29, 2017

Memanfaatkan Likopen Tomat untuk Pengobatan dan Pencegahan Kanker Prostat

Di dalam buah tomat dan produk olahan tomat, likopen adalah karotenoid dengan konsentrasi tertinggi, tetapi tomat juga mengandung karotenoid lain, meliputi phytoene, phytofluene, dan provitamin A karotenoid beta-carotene. Likopen merupakan antioksidan yang potensial untuk mencegah serta membantu mengobati kanker prostat. Kanker prostat adalah penyakit yang serius dan sangat potensial menyebabkan kematian.

Memaksimalkan potensi likopen tomat untuk pencegahan dan pengobatan kanker prostat

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari likopen tomat untuk mencegah maupun membantu mengobati kanker prostat ;
  • Tomat yang matang berwarna merah lebih banyak mengandung likopen dibandingkan dengan tomat yang belum matang berwarna kuning,
  • Konsumsi tomat yang dibuat bubur/di blender/ di jus menghasilkan kadar likopen lebih tinggi 2,5 kali dalam darah dibanding dengan mengkonsumsi tomat secara langsung,
  • Pemanasan jus tomat dengan minyak jagung selama 1 jam mengubah likopen dari bentuk trans menjadi cis, yang akan meningkatkan penyerapannya oleh tubuh. Atau dapat juga dikukus lalu dijus.
  • Konsumsi produk tomat yang mendekati 5 sampai 7 porsi perminggu dapat dihubungkan
    dengan penurunan 30%-40% risiko kanker prostat. Sehingga frekuensi konsumsi yang dapat anda pakai sama yaitu 5-7 porsi/ minggu.
Daftar Pustaka
Adams KC, Lindshield BL, Wang S, Jeffery EH, Clinton SK, and Erdman JW. Combinations of Tomato and Broccoli Enhance Antitumor Activity in Dunning R3327-H Prostate Adenocarcinomas.
AACR Confreance. 2007; 67: 836-843.
Thompson IM, Goodman PJ, Tangen CM, Lucia MS, Miller GJ, Ford LG, The influence of finasteride on the development of prostate cancer. N Engl J Med. 2003; 349:215-24.

By Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last Edited 29/03/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE