Follow by Email

Monday, March 27, 2017

Tidak Hanya Expired Date (ED), Beyond Use Date (BUD) juga Perlu Diperhatikan

Terdapat perbedaan antara expired date dengan beyond use date. Adalah tugas apoteker untuk memberi info mengenai BUD, agar pasien mendapatkan obat yang masih dalam keadaan baik. Berikut adalah perbedaan antara ED dengan BUD ;

Expired date atau waktu kadaluarsa merupakan durasi waktu dimana tingkat kemurnian dan potensi khasiat suatu obat masih memenuhi syarat dalam penyimpanan. Expired Date ditetapkan berdasarkan uji stabilitas dan berlaku untuk produk yang yang masih utuh dalam kemasannya serta dalam kondisi penyimpanan yang sesuai.

Beyond Use Date merupakan perkiraan durasi waktu penyimpanan dimana tingkat kemurnian dan potensi khasiat suatu obat yang telah dilakukan proses compounding/ buka kemasan masih memenuhi syarat.

Berikut ketentun Beyond Use Date untuk diketahui oleh pasien ;
Beyond use date produk obat non steril tanpa mengubah apapun dari pabrik ;
  • Sediaan multiple dose memiliki BUD sesuai ED pabrik atau 1 tahun dari waktu dispensing (penyerahan obat kepada pasien) - mana yang lebih cepat itulah yang dipakai sebaagai BUD.
  • Sediaan single dose memiliki BUD sesuai ED pabrik atau 1 tahun dari waktu dispensing (penyerahan obat kepada pasien) - mana yang lebih cepat itulah yang dipakai sebaagai BUD dan sediaan single dose ini tidak boleh dikemas kembali (sekali pakai).
 Beyond use date obat racikan dengan bahan baku dari obat pabrik, contohnya sediaan puyer, atau sediaan yang dibuat baru (recentur paratus) ;

  • Sediaan padat/cair bebas air, BUD tidak lebih dari 25% waktu kadaluarsa yang tersisa atau 6 bulan ( diambil yang paling cepat).
Puyer memiliki BUD 25% Sisa ED atau 6 bulan ( pilih yg paling cepat) dalam penyimpanan yang benar
  • Sediaan mengandung air ( suspensi,emulsi,larutan,gel, krim,pasta) , BUD tidak lebih dari 14 hari dan harus disimpan dingin pada 2-8 Celsius.
Salep, gel, krim dan sediaan lain mengandung air yang diracik dari awal atau diracik dari sediaan pabrik memiliki BUD 14 hari saja.

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE