Follow by Email

Tuesday, March 28, 2017

Tanaman Tahi Kotok Untuk Meningkatkan Kandungan Antioksidan dan Vitamin A Pada Telur

Bunga marigold atau tahi kotok seperti yang ditunjukkan di bawah ini sangat mudah untuk ditumbuhkan dan biasa dipakai sebagai tanaman hias. Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dosen-mahasiswa IPB menunjukkan manfaat lain dari bunga marigold sebagai tambahan pakan ayam petelur untuk menghasilkan telur dengan kandungan gizi lebih baik dari sebelumnya.
Foto Bunga Marigold / Tahi Kotok
Tidak mempengaruhi tingkat konsumsi ayam petelur
Penambahan tanaman marigold meskipun merubah bau pakan ayam, namun tidak menunjukkan adanya perubahan tingkat konsumsi ayam petelur sehingga ayam tidak mengalami "tidak doyan makan" atau stress akibat perubahan aroma pakan.

Takaran optimal untuk ditambahkan ke pakan ayam
Telah dilakukan uji coba untuk membandingkan efek penambahan 5 % tepung daun tanaman marigold, 5 % tepung bunga marigold, dan 2,5% tepung daun 2,5% tepung bunga marigold dalam pakan ayam. Hasil menunjukkan penambahan 2,5% tepung daun 2,5% tepung bunga memberikan hasil peningkatan kandugan antioksidan dan vitamin A lebih tinggi. Analisa mengguakan HPLC untuk vitamin A dan perbandingan IC50 dengan vitamin E untuk antioksidan.

Perkiraan peningkatan nilai ekonomis
Telur yang diperkaya dengan antioksidan dan vitamin A akan menambah nilai ekonomis sebagai telur yang memiliki khasiat lebih terhadap kesehatan.

Tanaman marigold dapat dibudidaya dalam pot atau pada lahan mati secara mudah untuk kemudian dipakai sebagai tambahan pakan ayam

By Muhammad Huda S.Farm.,Apt
Last Edited 28/03/2017

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE