Follow by Email

Sunday, April 9, 2017

Diet Kedelai Untuk Menurunkan Berat Badan, Mengurangi Lemak Tubuh, dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Kedelai memiliki beberapa manfaat sekaligus hal-hal yang perlu diperhatikan
Kedelai beserta pangan olahan kedelai tentu sudah sering kita jumpai yaitu ; tahu, tempe, susu kedelai, dan kedelai rebus. Kedelai memiliki kandungan dominan berupa Isoflavon genistein dan daidzein, fitosterol, minyak dan protein. Masing-masing kandungn tersebut memiliki manfaat bagi tubuh jika dimanfaatkan dengan cara yang benar.

Beberapa studi penelitian melaporkan bahwa kandungan isoflavon genistein dan daidzein memiliki aktifitas farmakologis antiobesitas dan menurunkan lemak tubuh. Sedangkan protein kedelai memperbaiki metabolisme lipid dan glukosa, meningkatkan sensitifitas insulin, mengatur  oksidasi asam lemak di hati, dan meningkatkan metabolisme lemak di jaringan adiposa. Sehingga jelas kedelai memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, serta menurunkan lemak tubuh.

Meski dengan banyak manfaat diatas, konsumsi kedelai berlebih tidak disarankan untuk beberapa kasus, yaitu ;

  • Penderita kanker sensitif hormon ( kanker payudara, ovarium, uterus) , dan keadaan sensitif hormon lainnya.
  • Kedelai memiliki aktifitas menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah sehingga harus hati-hati pada pasien diabetes mellitus dan hipertensi yang sedang menggunakan obat-obatan konvensional. Sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mengatur ulang dosis obatnya.
Dosis 
Belum terdapat  dosis tepat hasil penelitian penggunaan kedelai untuk menurunkan berat badan. Tapi pola makan diet dengan kedelai telah terbukti mengurangi lemak tubuh dan kelebihan berat badan dari pasien obesitas. Konsumsi kedelai dengan atau tanpa latihan fisik telah terbukti dapat mengurangi berat badan dan massa lemak pada pasien obesitas.

Cara konsumsi cukup dengan menjadikan kedelai sebagai pengganti sebagian porsi karbohidrat harian saja. Sebaiknya kedelai yang diolah dengan direbus / kukus daripada yang digoreng, boleh juga dijadikan susu kedelai.


Pustaka
Mun'im Abdul dan Hanani Endang. 2011. Fitoterapi Dasar. Dian Rakyat. Depok 
( Dirangkum dari berbagai jurnal penelitian)

By : Muhammad Huda S.Farm
Last edited : 09/04/2017


No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE