Follow by Email

Monday, May 21, 2018

Anjuran untuk Mencegah Alergi Pada Bayi


Reaksi alergi pada bayi ditandai dengan gejala mata merah , gatal , atau berair , hidung meler atau berair, batuk atau nafas berbunyin(mengi). Pada kondisi gawat darurat bayi akan mengalami mengi, wajah panas kemerahan, tubuh terasa hangat, dan ngiler/ngeces, pada kondisi gawat darurat bayi harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Berikut ini adalah saran ditujukan kepada orangtua untuk menghindarkan bayi dari alergen , terutama jika ada riwayat alergi pada keluarga ;

1. Berikan ASI pada bayi sekurang-kurangnya selama 6 bulan. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan sangat jarang menyebabkan alergi. Selama menyusui, ibu sebaiknya menghindari makanan alergenik seperti susu, ikan , dan kacang-kacangan

2. Untuk bayi yang memiliki riwayat keluarga alergi sebaiknya dilakukan tahapan pengenalan makanan alergenik sesuai umur ; susu sapi dan olahannya (usia 12 bulan keatas) , telur dan olahannya ( usia 24 bulan keatas) , kacang-kacangan ( 36 bulan keatas ) , ikan dan kerang ( 36 bulan keatas)

3. Menghindari setiap alergen yang memungkinkan ; obat-obatan yang dapat memicu alergi, asap ( jangan merokok ), lumut , jamur,  tungau , parfum , kutu binatang, sebuk tumbuhan.

4. Jaga agar rumah tidak dimasuki oleh serangga dan tikus, kecoa seringkali dianggap sebagai salah satu pemicu astma pada anak-anak yang hidup di perkotaan.

5. Bersihkan rumah secara teratur termasuk sprei, gorden dan karpet agar bebas dari tungau dan debu. Rendam dan cuci sprei, sarung bantal guling , bedcover dengan air panas ( > 55 Celsius) setiap minggu.

6. Hindari tempat tempat lembab yang memungkinkan tumbuhnya jamur dan lumut seperti gudang, perbaiki setiap saluran air yang bocor.

7. Tutup jendela mobil dan hidupkan AC pada saat bepergian dengan mobil.

8. Menempatkan binatang peliharaan diluar rumah

Sumber : MIMS Petunjuk Konsultasi

No comments:

Post a Comment

Author

authorMuhammad Huda S.Farm.,Apt Licensed Pharmacist, Drug Reviewer, Google Adsense Publisher, and SEO Marketer
Learn More ?



LIKE AND SHARE